Pengaruh Musik dengan Kepribadian

entah sejak bebarapa tahun ini aku mulai menyukai musik instrumental atau secara umum aku menyebutnya musik tanpa vokal, boleh dibilang koleksi mp3ku 90% musik instrumental...

ada banyak hal positif yang kudapat...
mungkin
benar, musik instrumental mampu mengembangkan kreativitas seseorang...
perbedaan yang mencolok saat mendengar musik vokal (musik diiringi vokal) dan musik instrumental.. dimana kita tidak "di dikte" untuk memahami apa yang disampaikan musisi. pada musik vokal kita sudah dijelaskan apa isi lagu tersebut misalkan lagu sedih, maka alur cerita sedihnya akan mendikte kita untuk menerima kesedihan yang diberikan musisi tersebut. sisi negatifnya pendengar kadang jadi ikut terpengaruhi (secara sadar maupun tidak sadar ataupun alam bawah sadar menerima sugesti musisi). selama lagu itu bagus dan mengajak kebaikan mungkin tidak apa-apa kali yah... tapi jika syairnya saja sudah mengarah ke negatif? lagu yang seolah mendeskritkan kaum, ras, diskriminasi, dan perbedaan gender... sudahlah...

berbeda dengan musik instrumental... kadang apa yang diberikan oleh musisi mungkin akan beda dengan apa yang kita terima... karena hanya dalam bentuk melodi. selebihnya adalah tergantung kita menanggapi musik tersebut. kadang ada musik yang bernada melow, mungkin maksud musisi untuk menyatakan kesedihan... namun hal itu jadi tak berlaku bila sang pendengar meng-imajinasikan musik tersebut sebagai sebuah keceriaan dan penyemangat. dan disinilah mungkin muncul istilah kreativitas pendengar dimana kita bukan saja menikmati musik tersebut tapi juga mendeskripsikan musik tersebut ke dalam pemahaman kita sendiri... ya.. kita bukan hanya menikmati tapi juga mencipta "musik" kita sendiri.

sulit dijelaskan... dan lebih sulit bagi mereka yang terbiasa mendengarkan musik vokal dimana mereka hanya "terima beres" hasil akhir musisi, sehingga tanpa perlu diresapi lagi. pada musik instrumental yang hanya berupa nada-nada, melodi, dan irama... kita dituntut untuk berimajinasi dengan nada tersebut menciptakan penafsiran sendiri mencipta dan menikmatinya sesuai pengalaman dan imajinasi kita... . hasill akhirnya "kenikmatan" ini menjadi sebuah kenangan yang mewakili banyak hal dalam hidup kita. dan sepanjang yang aku alami sendiri sejak mulai menikmati jenis musik seperti ini... rasanya ga pernah bosan dan hal ini menimbulkan perbedaan yang sangat mencolok dibanding musik vokal yang mungkin anda tidak bosan mendengarnya sekarang namun bila diperdengarkan setiap hari,,,?

aku menyimpulkan.... penggemar musik instrumental mungkin memiliki pribadi seperti:
- cenderung bersifat bebas dan tidak suka di dikte hidupnya
- memilki kreativitas lebih
- lebih mampu mengelola perasaan dan emosi
- mereka menggambar dan mewarnai hidupnya tanpa ingin orang lain ikut campur
- mampu memaknai hal kecil sebagai sesuatu yang bernilai dan bahkan mampu bahagia hanya karena hal sepele
- mau berusaha lebih keras untuk menciptakan impiannya dan merealisasikan impiannya
- selalu bersemangat (karena musik instrumental tidak memiliki syair negatif yang sadar atau tidak mempengaruhi sifat seseorang hingga yang tercipta lebih sering imajinasi musik introspektif, konstruktif dan memandang ke depan)

masih banyak hal positif yang kudapat semenjak mulai bisa menikmati musik intrumental, cobalah...
anda bisa mulai dari musik-musik soundtrack, misal soundtrack game, film, anime dan lain-lain anda bisa berimajinasi dimana saat musik itu dimainkan daalam film tersebut dan merasakan "feel"nya seolah kejadian itu muncul dalam imajinasi anda...

cobalah... :D

6 comments:

Zet.@ Rider said...

Hmm, @ku sering suka sama BGM anime/tokusatsu. awalnya karena muncul dalam serial tersebut. namun karena rasanya "cocok", akhirnya dicarilah mp3. emang g bosen. tapi ya itu. munculnya BGM itu ada "saat"nya. jadi sewaktu muter BGMnya saja, jadi ingat "saat" itu di serialnya. misal mezame dari mai hime, eirei dari Garo. kalo instrumental asli, misal dari kitaro ato vaness, ya itu, terbawa imajinasi sendiri.

Rizky Pramudya said...

Aku lebih suka musik Instrumental dibandingkan musik Vokal. Musik Instrumental yang saya suka adalah Musik Soundtrack Game Minecraft.

Admin said...

Wah aku belum pernah main Minecraft sih, tapi biasanya kalo game strategi musiknya emang mantap. mungkin karena di desain buat menstimulasi otak yang lagi mikir kali ya. haha

Rizky Pramudya said...

Yusuf Maulana : iya sih, kalau musik strategi. Apalagi musik dari game Suikoden, terutama Suikoden V, saya suka banget musik instrumennya Suikoden V. Karena ada musik sedih, musik berduka, musik kenangan, musik pertarungan, musik waspada, dll. Pokoknya lengkap. Yang paling saya suka dari semua lagu baik lagu vokal maupun instrumental adalah lagu soundtrack game (apalagi di Suikoden V), apalagi genre musik yang battle/combat sama war dari Suikoden V, tambah bergairahlah saya.

my mind said...

Udh pernah nonton filmnya efsun dan bahar di antv ? musik instrumennya keren loh bro...

Unknown said...

kalo gue instrumen soundtrack naruto best lah pokonya

Post a Comment

what do you think of?